amateur radio | dx | digital mode | satelite monitoring

20.9.19

Tema Jota Joti 2019 Tidak Ada


Mungkin ada diantara rekan-rekan sekalian yang bertanya atau minimal mencari jawaban pertanyaan diatas melalui internet tapi sama sekali tak menemukan jawaban yang diinginkan melainkan yang tampil hanyalah tema kegiatan JOTA-JOTI pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi apa tema utama untuk tahun ini? Jawabannya adalah TIDAK ADA. Bingung? Hehe.. Berikut penjelasannya..

Mr. Philip Bird selaku perwakilan Tim JOTA-JOTI Dunia (World JOTA-JOTI Team) saat kami hubungi beberapa saat lalu menuturkan bahwa untuk tahun 2019 ini, Tim WJJT tak menerapkan/menentukan tema spesifik apapun untuk kegiatan JOTA ke 62 dan JOTI ke 23 Internasional pada tanggal 18-20 Oktober nanti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana biasanya tim WJJT akan memberikan tema utama untuk kegiatan tersebut, contohnya adalah "60 Years Connecting Scouts" pada JOTA-JOTI 2017 dan "Life on Land" yang merupakan salah satu program SDGs PBB pada JOTA-JOTI 2018 lalu.


"There is no specific theme for @JOTAJOTI set by the World JOTA-JOTI Team for this year." Jelas Mr. Philip saat kami hubungi melalui aplikasi messenger beberapa waktu lalu

Beliau juga menjelaskan bahwa kita diberikan kebebasan untuk menentukan tema sendiri baik mulai dari tingkat stasiun hingga tingkat nasional.

"You are welcome, of course, to use a theme locally". Jelas beliau

Jadi jika ada pihak penyelenggara yang masih bingung untuk menentukan tema apa untuk kegiatan nanti, saya sarankan untuk menunggu kabar resmi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang tema yang akan diangkat dalam kegiatan JOTA-JOTI 2019 nanti.

Untuk edaran sendiri memang telah dikeluarkan dan beberapa saat yang lalu saya juga mendapatkan surat edaran pelaksanaan JOTA Nasional ke 82 dan JOTI Nasional ke 40 dari Kwartir Nasional dengan Stasiun Induk di Buperta Cibubur, Jakarta. Tapi saya belum mendapatkan info Juknis yang yang sepertinya nanti akan di edarkan dalam waktu dekat, karena biasanya di dalam Juknis tersebut juga terdapat tema kegiatan yang telah ditetapkan oleh pihak kwarnas.

Jadi untuk sementara sekaligus langkah paling aman adalah menunggu kabar dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang tema yang akan diusung sembari kita menyiapkan keperluan untuk stasiun seperti mendirikan tower pemancar, persiapan WiFi atau MiFi, menyusun kerangka acara kegiatan dan sebagainya mengingat hanya 41 hari tersisa sebelum hari H. Hehe...

Oh iya, biasanya saat kegiatan nanti akan ada diskusi tematik yang diadakan oleh DKN, jadi jangan lupa nanti untuk ikut dan menyimak diskusi serta tukar pendapat dengan sesama pramuka. Nanti saat kegiatan mungkin juga akan ada tamu dari WOSM (Mr. Bear Grylls.. please :p) atau tim member ScoutLink yang akan ikut bergabung bersama kita selama kegiatan nanti jadi jangan hanya sibuk melakukan chat pribadi dengan peserta lain saja, ikuti dan simaklah percakapan di channel/room/saluran utama supaya tak ketinggalan info menarik nantinya ;)

#JotaJoti #JotaJoti2019